Cara Memulai Berbisnis Untuk Pemula


Memulai sebuah bisnis mungkin memanglah bukan sesuatu hal yang mudah pasalnya Kita dituntut untuk menjadi seorang "pengarah" dalam usaha yang akan dilakukan. Kita juga harus mampu untuk membawa bisnis tersebut kepada kesuksesan, Namun nyatanya di Dunia ini hanya sedikit orang yang mampu mengemban misi tersebut. Membuka usaha untuk memulai bisnis memanglah bukan sesuatu hal yang dilarang, Kamu sendiri bahkan bisa membuat hal tersebut hanya bermodalkan pikiran. Akan tetapi tentunya untuk mendapatkan kesuksesan dalam dunia bisnis merupakan suatu hal yang amat sangat sulit, Kebanyakan seseorang memulai berbisnis hanya karena tergiur mendapatkan keuntungan yang besar dan tidak memahami dasar-dasarnya tentu hal tersebut bukanlah salah tapi juga tidak sepenuhnya benar. Seseorang yang memang memiliki jiwa binis tentunya sebelum membuka jalan akan menentukan kemana arah dia akan pergi dan dimana dia harus berhenti, Artinya Kamu mau bawa bisnis itu kemana apakah kepada kesuksesan atau keterpurukan. Seperti halnya Kamu naik pesawat, tentunya sudah punya tujuan kemana negara atau kota yang akan dikunjungi bukan? atau ketika Kamu berlayar menggunakan perahu pasti ada alasan dan tujuan kenapa Kamu sampai rela berlayar contohnya adalah Monkey D Luffy yang ingin menjadi Raja Bajak laut. Semua Orang tentunya memiliki tujuan yang berbeda-beda, Begitu pula dengan sebuah bisnis dimana Kamu harus menjadi Nahkoda kapal untuk menggerakan kemana kapal akan pergi. Kami juga telah merangkum beberapa hal mengenai bisnis salah satunya adalah Cara Berbisnis Tanpa Modal Di Internet.

Sebelum melanjutkan kepada pembahasan mari Kita mengenal lebih jauh apa itu bisnis, Bisnis sendiri bisa dibilang merupakan suatu langkah yang dilakukan oleh seseorang untuk mencoba hal baru dalam tanda kutip "Menurut Admin". Kamu bahkan bisa memulai bisnis apa saja mulai dari makanan hingga keperluan sehari-hari, Sebelum memulai berbisnis alangkah baiknya Kamu yang mendirikan bisnis tersebut jadi bisa dibilang bukan untuk melanjutkan bisnis milik Orang tua. Ada pengecualian jika Kamu melanjutkan bisnis Orang tua hanya untuk belajar dan sesudahnya Kamu harus memiliki bisnis sendiri. Hal ini dikarenakan jika Kamu hanya melanjutkan milik Orang tua dan tidak memulai dari bawah pasti tidak akan mengerti apa yang namanya perjuangan di medan pertempuran. Sebagai misalnya Kamu ditugaskan ke medan peperangan dan ternyata setelah sampai disana, Peperangan tersebut sudah berakhir dan negara Kamu-lah pemenangnya dimana para tentara yang terlebih dahulu dikirimkan sedang bersorak gembira karena peperangan telah usai. Lalu apa yang akan Kamu rasakan pada saat itu? Tentunya harus terpaksa merasa senang bukan bisa dibilang sih cari aman saja. Pastinya tidak ada hasrat membara dalam hati Kamu, Menang sih menang tapi Kamu sama sekali tidak melakukan apapun apakah itu bisa dibilang kemenangan yang Kamu raih?. Itu sedikit gambaran mengenai berbisnis dimana Kamu harus mulai terjun sendiri dan menciptakan apa yang di inginkan lalu kemudian merasakan apa arti kemenangan yang sesungguhnya. Nah pada kesempatan kali ini Mimin mau kasih beberapa tips bagaimana sih Cara Memulai Berbisnis Untuk Pemula, Sebelum melanjutkan ke pembahasam mari sama-sama ramaikan akun Instagram mimin ya di @hariipunk dan jangan lupa follow jika berkenan.

1. Niat Yang Kuat



Yang pertama kali harus Kamu lakukan ketika akan memulai berbisnis adalah memiliki Niat dalam diri Kamu. Hal inilah yang akan menjadi dasar dan pondasi sebelum melanjutkan ke cara berikutnya, Kalau Kamu sudah memiliki sifat dan sikap ini maka tidak usah ragu untuk menuju ke step berikutnya. Alasan mengapa Saya menempatkan hal ini adalah karena kebanyakan Orang memang pada awalnya memiliki niatan untuk berbisnis akan tetapi banyak dari Mereka yang malah gagal ditengah jalan. Tentunya hal ini tidak lain dan tidak bukan karena Mereka sama sekali tidak memiliki Niat yang kuat untuk memulai berbisnis, Kalau Kamu pengin contoh Orang yang memilki Niat kuat adalah Kolonel Sander sang pendiri KFC. Dari awal dia memang tidak memikirkan untuk memulai bernisnis karena belum memiliki pengalaman yang menyakitkan diaman Dia pernah merasa putus asa karena tidak bisa menjadi sukses di usia mudanya, Karena merasa menjadi Orang yang tidak berguna hingga tuanya dia memutuskan untuk bunuh diri. Lalu apakah yang dilakukannya? Dia ternyata malah mengambil uang simpanannya dan memutuskan untuk memulai berbisnis meskipun tahu bahwa dirinya tak lagi muda. Dia-pun memulai membeli beberapa ayam dan menggorengnya lalu menjualnya kepada tetangganya, Dan pada saat itulah bisnis-nya menjadi sukses dan namnya dikenal hingga sekarang. Apa yang mendasari beliau mampu menjadi salah satu Orang terkaya di Dunia? Tentu saja di dalam dirinya ada sebuah niatan berbisnis yang kuat, Bayangkan saja pada waktu itu dia putus asa dan ingin mengakhiri hidupnya, Namun apa yang malah terjadi? Dia malah memutuskan untuk memulai sebuah bisnis. Dari sini pula Kita dapat memetik satu pelajaran dimana kesuksesan itu bisa diraih oleh siapa saja baik berusia muda maupun tua, dari miskin maupaun kaya, dll. Kita gak pernah tahu apa yang sedang menunggu di depan sana sampai Kita mencobanya sendiri. Sperti bayi, Pertama Mereka hanya bisa tiduran kemudian mulai merangkak lalu mulai berjalan dan bisa berlari. Saat Kamu merasa ingin berhenti maka berhentilah sejenak kemudian berjalan kembali sampai pada akhirnya Kamu memang sudah tidak bisa melakukan apapun lagi maka disitulah Kamu harus tidur dengan tenang tanpa memikirkan apa-apa lagi.


2. Memiliki Modal



Cara ke dua adalah Kamu harus memiliki modal sebelum memulai berbisnis. Yang dimaksud modal disini tidak harus berkaitan dengan uang bisa saja adalah modal nekad dan modal kerja keras. Jadi intinya sih tidak harus selalu di kaitkan dengan uang yah, Memang untuk memulai berbisnis Kita harus memiliki uang namun hal tersebut akan lebih mudah didapatkan jika Kamu sudah memiliki semangat di dalam diri sendiri untuk memulai berbisnis. Pernah mendengar sosok Walt Disnep(y) ? Ituloh perusahaan yang memproduksi serial kartun Mickey Mouse, Kisah pendirinya sendiri memang cukup menarik yang dimana dulunya dia sama sekali tidak ada niatan ataupun punya bakat menggambar. Jadi awalnya itu dia pengin masuk ke tentara namun ternyata gagal dan pada akhirnya dia mulai menggambar sebuah tokoh kartun yang Kita kenal sampai sekarang adalah Mickey Mouse, Lalu apa hubungannya dengan modal ? Dari awal Kita tahu berapa sih modal yang harus dikeluarkan hanya untuk membeli sebuah pensil dan sebuah buku gambar? tetunya tidak terlalu mahal bukan, Bahkan dia sendiri hanya menggunakan isnpirasinya saja dan itu adalah modal terbesarnya. Sebagai contoh lain adalah Jack Ma, Dia merupakan pendiri perusahaan Alibaba atau jika Kamu tidak tahu dia adalah yang punya UC Browser. Alibaba sendiri tidak langsung begitu saja muncul, Awalnya dia hanyalah seorang pria miskin saja bahkan pernah ditolak melamar pekerjaan hingga ratusan kali dan kemudian berkat tekadnya yang kuat dia memutuskan untuk membuat sebuah perusahaan jual beli atau yang bisa disebut sekarang adalah Alibaba kalau tidak dalah Tokopedia juga udah diakusisi atau dikucurin dana oleh Alibaba. Hubungannya apa? Meskipun hanya terlahir dari miskin buktinya dia masuk jajaran orang terkaya di Dunia hal ini tentunya karena Jack Ma memiliki modal di dalam dirinya sendiri yakni adalah tekad yang kuat.


3. Menentukan Tema



Cara ke tiga yang harus Kamu ketahui adalah menentukan sebuah tema bisnis yang tepat. Sebelum melanjutkan ke cara selanjutnya tentunya Kamu harus sudah memikirkan bisnis apa yang akan Kamu jalani hingga awal sampai akhir. Penentuan Tema dalam berbisnis ini tentunya sangatlah penting soalnya kalau gak ada Tema Kamu memang mau bisnis apa? serampangan? tentu saja malah akan mendapatkan kerugian. Untuk memilih Tema yang baik, Kamu harus menyesuakian apa yang bisa dilakukan sebagai contoh Kamu bisa membuat design keren maka hal yang paling cocok adalah memulai usaha baju atau Kamu bisa membuat roti maka bukalah usaha yang berhubungan dengan roti. Pokoknya sih jangan ikut-ikut orang lain semisal si A jualan roti dan ternyata sukses eh Kamu malah ikut-ikutan jualan roti padahal basic Kamu adalah membuat design, Tentu si A bisa sukses berjualan karena ada bakat dalam bidang tersebut atau jika Kamu anak Orang kaya maka itu jauh lebih mudah dimana bisa menyewa tukang buat roti profesional dan Kamu hanya harus duduk manis saja. Kalau masih bingung, Coba bayangin aja ini sebuah pelajaran bahasa Indonesia dan Kamu disuruh membaca cerita lalu menentukan tema. Setiap cerita tentunya memiliki Tema sendiri dan berbeda-beda dengan lainnya, Jadi lebih mudahnya sih Kamu harus memiliki gambaran terlebih dahulu apa yang Kamu inginkan dalam berbisni lalu baru menentukan sebuah Tema. Sebagai contoh saja adalah perusahaan Microsoft, Lalu mengapa Mereka memilih logo seperti jendela dalam sistem operasinya yakni Windows? Karena temanya sendiri menurut mimin adalah agar Kita sebagai pengguna dapat.melihat dunia luar yang lebih indah serta dapat menambah wawasan itu yang Kita kenal sebagai "Internet di Rumah".


4. Cari Karyawan



Cara ke empat yang harus Kamu lakukan adalah mencari karyawan untuk bekerja pada usaha yang sedang di jalankan. Memang bagi pebisnis baru mungkin Karyawan masihlah tidak terlalu penting apalagi jika baru memulai berbisnis, Alsannya ada macam macam antara lain adalah belum memiliki pendapatan untuk menggaji para Karyawan atau merasa bisa mengerjakan semuanya sendirian. Namun sebenarnya keberadaan Karyawan ini amatlah penting untuk memajukan bisnis Kita pasalnya setiap Manusia atau Orang tentunya memiliki pengalaman yang berbeda beda sebagai contoh adalah Kamu membuka usaha toko roti dan ternyata pengalaman yang Kamu miliki adalah pemasaran produk Lalu bagaimanakah mengatasinya? tentu saja mencari Karyawan yang memiliki bakat atau pengalaman untuk membuat roti. Untuk urusan gaji menggaji itu masalah terbiasa bagi pebisnis pemula, Mereka khawatir produk dan dagangannya tidak laku lalu menggaji karyawan dengan uang sendiri alhasil bukan untung yang di dapatkan malah kerugian. Pendapat tersebut tidaklah sepenuhnya salah dan tidak pula benar, Setelah memiliki Karyawan yang cukup memadai maka hasil yang akan didaptkan tentunya tidak akan bisa Kita kira. Bayangkan saja Kamu bisa menjual roti setiap harinya dengan omset mencapai 1 juta maka dalam satu bulan omset yang kamu dapatkan lebih dari 30 juta dan rata rata gaji karyawan adalah 1 juta lalu Kamu hanya mempunyai 5 karyawan maka sudah pasti mendapatkan keuntungan bukan? Biyaya itu belum dipotong bahan baku, dll tapi yang jelas Kamu udah dapet keuntungan lebih. Bagaimana jika tidak bisa mendapat lebih dari 1 juta/hari, Hey bro sekarang itu zaman udah maju tinggal iklankan saja produk Kamu di Instagram maupun Facebook pasti omset akan naik drastis tentunya setiap orang berbeda beda ya. Pokonya sih Kamu cari Karyawan dulu saja kalau misal belum bisa kan masih bisa minta bantuan teman atau keluarga lainnya, Jangan di kerjakan sendiri soalnya akan terasa sangat berat.


5. Mulai Jalankan Bisnis



Setelah Kamu memenuhi semua dasar-dasar diatas maka cara yang terakhir adalah memulai menjalankan bisnis Kamu sendiri. Di tahap ini Kamu hanya harus memilih untuk membuka toko bersifat online atau bangunan, Lebih baik sih jalnakna keduanya karena akan sangat-sangat menguntungkan. Kamu gak perlu lagi galau mikirin bagaimana dan apa yang akan terjadi di masa mendatang, Yang harus Kamu lakukan adalah tetap fokus kepada bisnis yang sedang dilakukan sekarang. Untuk diingat dalam berbisnis itu Kita gak hanya mengenal tentang keuntungan dan kerugian saja tetapi ada beberapa hal pokok yang harus Kamu tetep inget yaitu sebuah pengalaman, jatuh bangun, dll. Di dalam berbisnis wajar bila Kamu harus menemui kerugian tetapi itu bukanlah akhir dari bisnis Kamu, Kamu harus tetap berdiri sampai pada saatnya apa yang Kamu tanam akan membuahkan hasil seperti kata pepatah roda itu berputar kadang diatas kadang dibawah. Memulai bisnis artinya Kamu juga akan mendapatkan banyak kerikirl kecil sebagai contoh adalah saingan, Kadangkala ada juga yang ingin menghancurkan bisnis Kita hanya karena menghalangi jalan Mereka. Di dalam bernisnis pula tidak ada yang namanya "teman" meskipun dia sangat baik kepada perusahaanmu yang namanya bisnis itu keinginannya selalu mendapatkan keuntungan, Jangan harap dapat temen setia jika Kamu sudah terjun ke dunia ini. Sebagai pengingat saja, Kamu harus selalu bersikap care dan baik kepada Karyawanmu sendiri karena jantung sebuah perusahaan itu ada di Karyawan itu sendiri, Karena pada suatu hari Kita tidak akan pernah tahu mana yang bener-bener bekerja serius dan mana yang hanya main-main (korupsi) jika Kamu tanamkan kebaikan pasti akan menular pada yang lainnya dan tentunya hal tersebut bisa dihindari. Oh iya sebelum memulai berbisnis alangkah baiknya Kamu mencoba membaca beberapa Pekerjaan Online Di Zaman Modern.



Nah itulah sedikit pembahasan mengenai Cara Memulai Berbisnis Untuk Pemula, Semoga saja artikel yang baru saja Kita bahas dapat bermanfaat bagi Kamu-kamu semua. Jika saja ada salah kata maupun kesalahan dalam memberikan Informasi mohon untuk di maafkan karena Saya sendiri masih dalam tahapan belajar, Mari Kita sama-sama belajar agar menjadi lebih baik ke depannya.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama