Cara Hidup Hemat Di Zaman Modern


Menjadi seseorang yang hemat kadangkala membuat orang lain berfikir bahwa Kita itu pelit, Namun ternyata pandangan masyarakat zaman sekarang memang seperti itu dimana kalau Kita gak mau berbagi dengan orang lain pasti di cap pelit padahalkan Kita hanya ingin hidup hemat. Pikiran seperti inilah yang membuat banyak Orang gak mau hidup hemat karena takut dijauhi oleh Masyarakat lainnya dimana kebanyakan malah hidup dengan menghamburkan uangnya untuk hal yang tidak penting supaya lebih terlihat mengikuti trend, padahal semua cara tersebut adalah salah!. Hemat itu bukan antara pelit atau tidaknya dari sini saja sudah terlihat tidak bisa bedakan pelit dengan hemat, Jadi pelit itu definisi untuk seseorang yang gak mau nolong orang lain yang lagi kesusahan padahal sebenarnya dia punya apa yang dibutuhkan oleh orang itu, Sedangkan hemat sendiri adalah definisi untuk seseorang yang punya banyak harta tapi hanya menggunakan secukupnya saja ketika ada orang lain membutuhkan dia pasti bantu. Itulah perbedaan antara hemat dan pelit yang harus Kamu ketahui mulai sekarang coba deh Kamu mulai hidup hemat, kalau gak tau caranya tenang aja kali ini Kita akan membahas tentang bagaimana sih Cara Hidup Hemat Di Zaman Modern.

Baca Juga : Cara Hidup Sehat Dengan Hal Sederhana

Hidup di zaman modern tentu saja akan susah untuk hidup hemat apalagi kebutuhan hidup yang semakin naik tiap harinya, Mulai dari mengikuti trend biar gak dikira kudet, beli pakaian dengan branded terkenal, dll. Padahal hidup Kita saja pas-pasan tapi terkecuali jika Kamu orang yang Kaya dan sudah mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari barulah bisa mengikuti trend. Kebanyakan orang akan merasa gengsi atau minder atau malu jika gak bisa kaya orang lain, Semisal nih orang lain punya motor baru sedangkan Kamu gak punya, Rasa malu mulai menggeluti dan pada akhirnya Kamu malah kredit motor padahal gaji tiap bulan saja cuma bisa penuhi kebutuhan sehari-hari. Itulah mengapa banyak orang menjadi miskin karena hanya ingin mengikuti orang lain saja, Mulai sekarang buang sifat ini dan jadilah diri Kamu sendiri jika ingin menjadi Orang yang sukses. Itulah sedikit pembahasan mengenai hidup hemat, Kali ini langsung saja yuk Kita mulai pembahasannya, Oh iya sebelum itu jangan lupa follow akun Instagram aku yah @hariipunk siapa tau bisa jadi temen gitu.

1. Tabung Sisa Uang Yang Kamu Miliki



Cara yang pertama biar Kamu bisa hidup hemat adalah menabung sebagian uang yang dimiliki. Jadi semisal nih Kamu baru gajian di bulan ini dan kebetulan untuk hidup sehari-hari gak perlu memakan banyak uang jadi sisanya itu buat ditabung. Memang bukanlah hal yang mudah, secara kan di zaman sekarang kebanyakan orang akan mengikuti egonya membeli barang-barang yang bisa dibilang enggak perlu. Mulai sekarang Kamu harus berfikir ke depan kalau perlu buat catatan lah semisal pengin beli ini itu jadi biar bisa kontrol pengeluaran uang Kamu, Uang ditabung buat apa min? Jadi gini uang yang udah ditabung itu bisa buat keperluan Kamu di masa yang akan mendatang kan namanya juga hidup Kita gak pernah tau apa yang akan terjadi di masa depan bisa saja suatu saat Kamu di pecat dari pekerjaan itu atau bisa juga digunakan untuk modal menikah nantinya atau buat keperluan lainnya semisal nih buat bangun rumah sendiri, beli saham, bikin usaha. Pokoknya uang tabungan itu bisa Kamu gunakan untuk apa saja yang penting ada timbal baliknya buat Kita, Jadi Kita gunakan rumus uang tabungan = investasi bukan malah begini uang tabungan = nutupin gengsi.

2. Hilangkan Sifat Ingin Memiliki



Jadi maksud dari cara ke dua ini adalah Kamu gak boleh beli barang yang enggak perlu seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan pertama. Coba deh mulai sekarang buang sifat ini, Misalnya ada sebuah merek smartphone terbaru yang dimana memiliki spesifikasi gahar dan mempesona dan ternyata Kamu ingin membelinya padahal harganya selangit. Setelah kebeli mau buat apa coba? buat gaya-gayaan doang? duh kamu ini udah hambur-hamburin uang dengan percuma ya kali belinya itu buat keperluan seperti karena biar bisa meringankan pekerjaan itu baru ada manfaatnya. Perkembangan smartphone itu tiap harinya atau bulannya akan terus maju, Jika Kamu turuti keinginan itu niscaya uang yang dipunya akan habis percuma. Jadi mulai sekarang hapus sifat ini dan gengsi Kamu, Kalau temen punya smartphone terbaru ya bodo amat lah jangan ngikut-ngikut yang penting kan Kita hemat dan sudah mikirin masa depan apa iya Kamu harus jual ginjal demi sepotong Smartphone. Oh iya ini gak cuma Smartphone aja sih, Bisa saja baju atau mobil ya intinya tetap sama.

3. Bikin Daftar Keperluan



Cara yang ketiga ini sudah sedikit saya singgung di nomor dua ya, Jadi Kamu itu butuh catatan tentang apa saja yang ingin Kamu beli dan usahakan Kamu juga mengetahui estimasi berapa harganya dan dibutuhkan atau enggak. Membuat Daftar ini sendiri sangatlah banyak keuntungannya, salah satunya adalah membantu Kamu berhemat, gak cuma itu Kamu juga bisa mengetahui berapa pengeluaran yang dibutuhkan misalnya saja Kamu pengin beli laptop terbaru karena yang lama sudah usang maka catatlah dalam list daftar yang dimiliki dan jangan lupa cari tahu informasi mengenai spesifikasi laptop seperti apa yang dibutuhkan untuk dapat mengerjakan tugas secara baik tanpa kendala apapun. Bisa dibilang daftar list ini mengurangi resiko salah beli, Kan kebayang harga laptop itu mahal eh malah spesifikasinya gak seperti yang Kamu butuhkan buat pekerjaan dan alhasil beli lagi, Pengeluaran jadi lebih banyak lagi kan?. Gak cuma laptop aja sih semisal baju, keperluan elektronik, bahkan buat traveling-pun harus punya daftar catatan.

4. Mulailah Investasi



Cara terakhir yang harus kamu lakukan adalah memulai investasi, Loh emang ada hubungannya sama Cara Hidup Hemat Di Zaman Modern? Tentu saja ada dong. Jadi lihatlah pembahasam pertama yang dimana Kamu menabung, Nah uang hasil tabungan itu bisa dibuat investasi jangka panjang. Caranya mudah banget, Coba Kamu beli Emas dan simpan beberapa tahun lalu kemudian keluarkan dan jual Emas tersebut dan bandingkan maka harganya akan jauh lebih mahal ketimbang yang dulu Kamu beli kan? itulah namanya Investasi. Hidup hemat itu ternyata bisa bikin Kamu sukses kan? Kalau uang tabungan Kamu banyak coba deh buka usaha sendiri atau beli tanah niscaya di kemudian hari itu akan sangat membantu hal keuangan Kamu atau bisa juga di investasikan ke bisnis property. Seperti yang saya bilang sebelumnya, Hidup hemat itu bukanlah hidup yang pelit jadi semisal ada yang nyindir Kamu cuekin aja toh yang tau kalau lagi hemat kan cuma Kamu. Bagaimana apakah Kamu tertarik hidup hemat di zaman modern ini?.



Nah itulah sedikit pembahasan mengenai bagaimana Cara Hidup Hemat Di Zaman Modern. Kalau Kamu punya tambahan lain silahkan berkomentar yah tentunya dengan bahasa yang baik dan sopam, Jika Kamu menyukai artikel ini silahkan dibagikan dan jika ada banyak salah kata mohon di maafkan. Mari Kita bangun bersama Blog ini agar bisa terus kasih Kamu informasi lainnya yang tentunya bermanfaat, Sekian dan terimakasih.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama